Manfaat Rebusan Kulit Pisang Sembuhkan 5 Sakit Yang Sering kita Alami

Zonaberbagi.com - ingin mendapatkan info menarik dari zonaberbagi.com, kami sudah merangkum dari semua jenis pembahasan mengenai media informasi gratis mulai dari zona rewards, zona kesehatan, zona pendidikan, zona tekno/Gadget, Materi Keperawatan, Info Sehat, Zona Berita terupdate, zona game ppsspp, zona game android


Manfaat Rebusan Kulit Pisang Sembuhkan 5 Sakit Yang Sering kita Alami
Mungkin Kalian jarang sekali melihat orang tidak suka buah pisang. Selain bisa langsung dimakan, pisang juga bisa dijadikan olahan apa saja. Masalah kesehatan uum sehari-hari yang paling sering ditemui adalah sakit kepala, sembelit, juga retensi cairan. Untuk mengatasinya, tidak usah bingung. Kulit pisang bisa kita andalkan. Ya, kulit pisang! Bungkus pisang yang warnanya kuning ini ternyata mengandung zat aktif untuk kesehatan. Tidak kalah dengan buah pisang yang mengandung banyak nutrisi untuk kesehatan.

Buah pisang yang berukuran mengandung potassium atau kalium, serat, dan zat besi. Selain itu, buah pisang juga mengandung vitamin C, vitamin B6, magnesium, dan 105 kalori. Sedangkan kulit pisang. dilansir StyleCraze, kulit buah pisang kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral, di antaranya vitamin B6, vitamin B12, magnesium, dan kalium. Juga kulit pisang zat antioksidan dan vitamin yang dapat digunakan untuk kesehatan, salah satunya menjadi obat alami.

Mengutip dari Bright Side, berikut manfaat kulit pisang untuk mengobati masalah kesehatan umum, dan cara mengolahnya. Cukup praktis kok.

1. Membantu meringankan sakit kepala
Konsentrasi yang tinggi dalam kulit pisang berkontribusi untuk memerangi pembengkakan yang menyebabkan sakit kepala. Selain itu, sifat antioksidan di dalamnya dapat meningkatkan sirkulasi, yang meningkatkan proses oksigenasi. Bila Moms sakit kepala, Moms dapat memanfaatkan kulit pisang sebagai obatnya.
Bahan yang dibutuhkan adalah 1 kulit pisang, 1/2 sendok teh kayu manis, dan 1 gelas air.

Cara membuat:
Letakkan kulit pisang ke dalam panci yang terisi segelas air, didihkan, dan diamkan selama 3 menit. Dinginkan ramuan dan tambahkan satu sendok teh kayu manis. Saring minuman dan konsumsi segera setelah mengalami tanda-tanda rasa sakit.

2. Membantu mengatasi sembelit
Kulit pisang merupakan salah satu sumber utama serat makanan. Nutrisi penting ini mengatur transit usus dan menangani limbah yang muncul di usus besar.

Untuk membuat obat sembelit dari kulit pisang, Moms perlu mempersiapkan bahan-bahan antara lain, 1 kulit pisang, 3 sendok makan gandum, dan 1 gelas air.
Haluskan kulit pisang dan campur bersama gandum, dan segelas air, lalu konsumsi sesegera mungkin. Minum campuran ini saat perut dalam keadaan kosong sebanyak 2 atau 3 kali dalam seminggu.

3. Membantu mengatasi retensi cairan
Mineral penting dalam kulit pisang ideal untuk mengontrol tingkat pembengkakan tubuh yang disebabkan oleh retensi cairan. Selain itu, penyerapan dalam kulit pisang juga dapat mengatur kadar elektrolit tubuh dan meningkatkan fungsi sirkulasi dan limfatik. 

Untuk membuat obat retensi cairan, Moms membutuhkan 3 kulit pisang dan 2 gelas air.
Letakkan kulit pisang ke dalam panci bersama dengan 2 cangkir air dan biarkan mendidih selama 5 menit. Setelah itu, biarkan menjadi hangat, dan konsumsi segera. Lakukan hal ini sebanyak 2 atau 3 kali sehari.

4. Kulit pisang untuk atasi jerawat
Dilansir Cosmopolitan, pisang adalah pengobatan alami yang bagus untuk jerawat. Kulit pisang memiliki sifat antibakteri dari lektin dan seng. Keduanya efektif membantu menyembuhkan jerawat lebih cepat dan berpotensi mencegah munculnya jerawat yang baru. 

Usapkan bagian dalam kulit pisang yang berwarna putih pada kulit wajah, dada, atau punggung yang berjerawat. Diamkan selama 5 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Cara ini bisa membantu meredakan inflamasi dan mengeringkan jerawat.

5. Kulit pisang untuk melembapkan kulit
Kulit pisang mengandung nutrisi pelembap yang bisa menjaga agar kulit tidak kering. Haluskan kulit pisang, lalu campurkan dengan satu kuning telur omega. Aplikasikan sebagai masker wajah. Diamkan selama 5 menit, kemudian bilas wajah hingga bersih.