Berikut 10 Peluang Pekerjaan Yang Cocok Khusus Mahasiswa

Zonaberbagi.com - ingin mendapatkan info menarik dari zonaberbagi.com, kami sudah merangkum dari semua jenis pembahasan mengenai media informasi gratis mulai dari zona rewards, zona kesehatan, zona pendidikan, zona tekno/Gadget, Materi Keperawatan, Info Sehat, Zona Berita terupdate, zona game ppsspp, zona game android

"PELUANG PEKERJAAN ONLINE UNTUK MAHASISWA"
Menjadi mahasiswa sudah pasti membutuhkan biaya lebih untuk memenuhi kebutuhan kuliah. Terlebih jika kamu kuliah di luar kota atau provinsi dari tempat tinggalmu. Tentunya kamu akan membutuhkan biaya ekstra.
Satu-satunya cara untuk menambah penghasilan adalah dengan bekerja. Kita beruntung karena hidup di era digital yang membuat munculnya banyak pekerjaan yang bisa dilakukan secara online. Bekerja online dapat membuat kita menghasilkan uang hanya dari kamar tanpa harus bepergian kemana pun.

Terutama buat mahasiswa yang memiliki jadwal kuliah yang padat, bekerja online akan sangat membantu kamu untuk mengatur waktu antara kuliah dan mencari uang. Ada banyak cara untuk mendapatkan kerja secara online jika kamu memiliki beberapa keterampilan khusus seperti desain, blogging, mengedit, menulis, dan lain-lain.

Tapi ada juga beberapa pekerjaan online yang tidak membutuhkan keterampilan khusus. Mau tahu apa saja peluang pekerjaan online untuk mahasiswa? Cari tahu di bawah ini.

1. Freelance Writer
Jika kamu senang menulis atau bisa menulis, kamu bisa menjadi seorang Freelance Writer atau Penulis Lepas. Karena saat ini pekerjaan sebagai Penulis Lepas semakin banyak dicari. Banyak perusahaan yang memerlukan konten tulisan di dalam web mereka.

Sebagai penulis yang bekerja sebagai tenaga lepas, kamu akan bekerja untuk membuat postingan blog yang berisi deskripsi produk atau hal yang berhubungan dengan perusahaan. Kamu juga harus bisa meriset topik dari berbagai sumber di internet yang kemudian kamu tulis menjadi sebuah artikel.

Beberapa situs seperti Freelancer, Upwork, BloggingPro adalah tempat yang tepat untuk kamu memulai pekerjaan ini. Biasanya kamu akan dibayar per artikel atau per proyek. Kamu juga dapat memilih jam kerja sendiri dan menentukan tarif, tergantung perusahaan tempat kamu bekerja.

2. Online Tutor
Jika kamu memiliki keahlian dalam suatu mata pelajaran tertentu, kenapa tidak memanfaatkannya? Kamu bisa mencari penghasilan dengan membantu orang lain dan mengajari mereka apa yang kamu kuasai. Menjadi Online Tutor dapat membuat kamu menjadi seorang guru virtual yang tidak harus bertatap langsung dengan murid.

Kamu bisa memanfaatkan internet untuk mengajar anak-anak. Tidak hanya mengajarkan anak-anak dari dalam negeri, kamu juga bisa mengajar anak-anak dari luar negeri. Ada banyak perusahaan yang butuh mahasiswa sebagai pengajar les virtual mereka. Kamu bisa mengunjungi situs-situs seperti Tutor.com atau Wyzant yang akan membayarmu untuk mengajar orang lain.

3. Social Media Manager
Kita semua menghabiskan banyak waktu di media sosial setiap harinya, mulai dari mengakses Facebook, Instagram, Twitter, dan lainnya. Jika kamu senang mengakses media sosial, kamu bisa menjadikan kegiatan tersebut menjadi profesi.

Mengelola akun media sosial perusahaan dapat menjadi cara yang menyenangkan untuk menghasilkan uang dengan jadwal yang fleksibel. Seorang Manajer Media Sosial berfungsi untuk mengatur akun media sosial dari sebuah bisnis di sejumlah platform yang berkaitan. Kamu akan mempromosikan produk dan konten serta berinteraksi dengan para followers.

Menjadi seorang Manajer Media Sosial adalah pekerjaan rumahan yang tepat bagi mahasiswa. Karena sebagian besar mahasiswa sudah cukup akrab dengan beragam platform media sosial.

Menjalani profesi ini harus memiliki kepribadian yang komunikatif karena kamu akan menjadi perantara antara pemilik bisnis dan pelanggan mereka. Beberapa situs yang dapat membantu kamu untuk mendapatkan pekerjaan ini adalah Upwork, People Per Hour, dan Indeed.

4. Captioning dan Transcription
Pekerjaan transkripsi online mirip dengan penulis lepas. Pekerjaan transkripsi biasanya bertugas untuk menonton video profesional atau mendengarkan file audio dan kemudian menyalinnya untuk digunakan oleh perusahaan. Pekerjaan ini memiliki tingkat pembayaran yang mungkin berbeda tergantung pada proyek atau tingkat keahlian kamu.

Sedangkan Captioning adalah pekerjaan untuk membuat subtitle video. Ini bisa apa saja mulai dari iklan hingga video instruksional untuk perusahaan. Seorang Captioning harus dapat menyinkronkan subtitle dengan audio, sehingga teks muncul pada saat yang sama diucapkan di layar.

Jika kamu dapat mendengarkan dengan teliti dan membuat catatan dengan akurat, maka menyalin atau menulis teks seperti ini merupakan pekerjaan yang tepat untukmu. Beberapa situs yang menyediakan pekerjaan ini adalah Rev, FlexJobs, dan AccuTran Global.

5. Power Point Presentation Designer
Tugas mahasiswa biasanya berkaitan dengan presentasi. Jika kamu menguasai PowerPoint dengan baik dan bisa membuatnya menarik, kamu bisa mengubah keahlian itu menjadi penghasilan. Kamu bisa menawarkan pada perusahaan atau atasan di perusahaan yang tidak punya waktu untuk membuat presentasi. Nah, kamu bisa membantu perusahaan untuk membuat desain PowerPoint mereka.

PowerPoint masih banyak digunakan di banyak perusahaan. Kamu dapat melakukan desain untuk orang-orang yang menggunakan presentasi PowerPoint untuk video YouTube, pertemuan bisnis, pidato, dan lain-lain. Kamu bisa mengunjungi beberapa situs seperti Visme dan Google Slides untuk mengakses PowerPoint yang lengkap dengan template menarik.

6. Online Survey Taker
Mengerjakan survei adalah salah satu cara untuk menghasilkan uang yang bisa kamu lakukan dari handphone. Umumnya suatu perusahaan akan melakukan survei untuk mendapatkan ide atau masukan yang lebih baik tentang demografi pelanggan mereka. Selain itu untuk mencari tahu produk dan layanan apa yang dicari orang.

Survei-survei ini berisi beberapa pertanyaan pendek. Pengisi survei menjawab pertanyaan tentang kebiasaan dan preferensi konsumsi mereka. Lalu kamu akan mendapatkan uang tunai atau hadiah. Tergantung pada situs survei yang digunakan, kamu mungkin harus terdaftar dalam sistem poin untuk mendapatkan hadiahnya. Salah satu situs survei yang bisa kamu akses adalah Surve Junkie.

7. Data Entry
Jika kamu dapat mengetik dengan cepat dan memiliki keterampilan komunikasi tertulis yang sangat baik, menjadi Data Entry mungkin merupakan salah satu pekerjaan online paling ideal untuk mahasiswa.

Pekerjaan ini tidak memerlukan banyak keterampilan atau pengalaman. Biasanya, yang kamu butuhkan hanyalah komputer dan koneksi internet. Data Entry masih sangat diminati karena setiap bisnis perlu mengatur dan melacak apa yang sedang terjadi.

Sebagian besar perusahaan memerlukan beberapa tingkat bantuan dengan Data Entry. Selain itu pekerjaan ini juga relatif mudah untuk didapatkan. Kamu dapat memulai pekerjaan ini melalui situs Clickworker dan DionData Solutions.

8. Freelance Graphic Designer
Jika kamu memiliki keterampilan Desain Grafis di suatu perangkat lunak, kamu dapat memanfaatkan keterampilan itu sebagai Desainer Grafis lepas. Banyak orang beralih ke internet untuk mencari seorang desainer grafis untuk suatu proyek, seperti logo untuk bisnis kecil, presentasi perusahaan, dan banyak lagi.

Sebagai desainer grafis lepas, kamu memiliki kelebihan untuk menentukan tarif sendiri. Kamu juga dapat memutuskan bagaimana sistem pembayarannya, seperti berdasarkan tarif per jam atau tingkat keterampilan yang diperlukan untuk proyek tertentu. Kamu dapat mencari klien di beberapa situs terpercaya seperti 99 Designs, Dribbble, dan Freelancer.

9. Virtual Assistant
Asisten Virtual adalah pekerjaan untuk membantu proses suatu bisnis atau per orangan. Biasanya kamu akan ditugaskan untuk manajemen email, pembuatan konten, pembukuan, desain grafis, media sosial dan banyak lagi!

Sebagai Asisten Virtual, kamu akan menyelesaikan banyak tugas yang sama dengan asisten eksekutif di kantor. Bedanya hanya bekerja dari jarak jauh. Kamu juga dapat bekerja menyusun spreadsheet, membuat panggilan telepon, mengoordinasikan janji temu, membalas email atau mengirim faktur kepada pelanggan.

Tanggung jawab pekerjaan bervariasi tergantung pada tempat kamu dipekerjakan, tetapi penting jika kamu memiliki latar belakang dalam administrasi dan keterampilan organisasi. Kamu dapat menemukan pekerjaan Asisten Virtual melalui situs-situs seperti Zirtual, People Per Hour, Work at Home Mom, dan VA Networking.

10. App Testing

Aplikasi handphone semakin berkembang. pada awal pembuatan, sebuah aplikasi harus melewati banyak tahap pengembangan sebelum siap untuk diluncurkan pada pasar. Selama proses pengembangan, perusahaan akan mempekerjakan penguji aplikasi untuk memberikan feedbackPercaya atau tidak, ada perusahaan yang ingin membayar orang untuk menggunakan produk mereka. Ini sering terjadi pada bisnis yang keluar dengan item baru dan ingin mendengar apa yang orang lain rasakan sebelum aplikasi diluncurkan.

Jika kamu tertarik sebagai App Tester, kamu harus menawarkan jasa ini pada perusahaan melalui situs situs seperti Toluna, Clicks Research, User Testing, atau Pinecone Research. Sebagai App Tester, kamu harus menggunakan produk dan menulis ulasan untuk perusahaan.

Di era digital ini, kamu bisa mudah mendapatkan penghasilan secara online. Kira-kira pekerjaan mana nih yang ingin kamu lakukan? Jika kamu tahu pekerjaan online lainnya untuk mahasiswa, silahkan berbagi dengan kami di kolom komentar.


Nah itulah Pembahasan tentang Berikut 10 Peluang Pekerjaan Yang Cocok Khusus Mahasiswa , semoga bisa menambah wawasan dan ilmu bagi kita semua, jangan Lupa selalu stanbay di blog zonaberbagi.com akan ada artikel yang sejuta manfaat.