Badan Cepat Lesu, Kenali 13 Makanan Untuk Menambah Stamina Bagi Tubuh


Zonaberbagi.com - ingin mendapatkan info menarik dari zonaberbagi.com, kami sudah merangkum dari semua jenis pembahasan mengenai media informasi gratis mulai dari zona rewards, zona kesehatan, zona pendidikan, zona tekno/Gadget, Materi Keperawatan, Info Sehat, Zona Berita terupdate, zona game ppsspp, zona game android

Merasa lelah dan lesu sangatlah wajar, apalagi saat kesibukan menuntut tubuh bekerja lebih keras. Supaya masalah ini tidak menurunkan performa Anda, ada baiknya mencoba makanan penambah stamina yang bisa membuat tubuh kembali bertenaga.

Makanan penambah stamina untuk tubuh yang bertenaga

Sejatinya, setiap makanan bisa menambah stamina. Akan tetapi, ada beberapa makanan yang hanya memberikan stamina sesaat. Namun ada juga makanan penambah stamina dengan efek yang tahan lama. Maka dari itu, kenali makanan penambah stamina yang teruji secara ilmiah ini.

1. Pisang

Pisang menjadi makanan penambah stamina yang sangat ampuh. Buah berwarna kuning ini adalah sumber gula alami yang bisa memberikan energi. Selain itu, pisang juga kaya akan serat.

Sebuah studi membuktikan, pisang bisa membantu atlet bersepeda lebih lama dengan trek yang panjang.

2. Alpukat

Alpukat adalah buah serba guna yang manfaatnya bisa dinikmati dalam segala suasana. Alpukat bisa menjadi makanan penambah stamina, karena mengandung nutrisi, serat, dan protein yang bisa memberikan tenaga lebih lama.

Apalagi, alpukat mengandung lemak baik yang bisa meningkatkan energi tubuh Anda.

3. Apel

Mengandung serat dan nutrisi yang tinggi, apel bisa menjadi makanan penambah stamina selanjutnya. Apel juga diperkaya akan antioksidan bernama flavonoid, yang bisa melindungi tubuh dari peradangan dan stres oksidatif.

4. Stroberi

Dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry, stroberi dipercaya bisa menambah stamina dan energi karena mengandung fenol. Selain itu, stroberi juga mengandung zat mineral, vitamin C, dan folat yang sangat baik untuk tubuh.

5. Jeruk

Jeruk, si buah berwarna kuning yang kaya vitamin C, adalah makanan penambah stamina yang bisa memberikan tenaga. Sebab, vitamin C bisa meredakan stres oksidatif dalam tubuh, dan mencegah Anda dari kelelahan.

6. Ikan

Pada umumnya, ikan adalah makanan penambah stamina yang kaya akan protein. Sebab kebanyakan ikan mengandung vitamin B, yang bisa membuat tenaga Anda tahan lama seharian.

Ikan seperti salmon, sarden, dan tuna mengandung asam lemak omega-3 yang bisa meningkatkan fungsi otak dan meredakan peradangan sehingga rasa lelah pun dapat berkurang.

7. Telur

Karena mengandung protein yang banyak, telur tidak menyebabkan peningkatan gula darah dan insulin. Itulah sebabnya, telur bisa menjadi makanan penambah stamina.

Apalagi, telur mengandung asam amino bernama leusin yang mampu mendongkrak stamina Anda.

8. Yogurt

Karbohidrat yang dikandung yogurt datang dalam bentuk gula (laktosa dan galaktosa). Saat dipecah dalam tubuh, keduanya bisa menyuplai stamina dan energi untuk tubuh. Oleh karena itu, yogurt bisa menjadi makanan penambah stamina instan.

9. Edamame

Edamame adalah camilan lezat yang menyehatkan. Kandungan vitamin dan zat mineralnya bisa memberikan tenaga dan stamina lebih untuk tubuh Anda. Edamame juga mengandung asam folat yang mampu bekerja sama dengan zat besi untuk mencegah datangnya rasa lelah.

10. Popcorn

Makanan yang sering dicamil saat nonton di bioskop ini rendah kalori, tapi bisa memberikan energi. Bayangkan saja, 100 gram popcorn mengandung 78 gram karbohidrat dan 15 gram serat. Selain lezat, popcorn juga bisa menjadi makanan penambah stamina. Anda disarankan untuk tidak menambahkan garam dan mentega pada popcorn.

11. Hati sapi

Hati sapi menjadi salah satu makanan yang mengandung banyak vitamin B-12. Vitamin inilah yang bisa memberikan energi tambahan untuk tumbuh Anda. Setiap 3 ons hati sapi mengandung 1,5 mikrogram (mcg) vitamin B-12.

12. Sayuran berdaun hijau

Sering merasa lelah adalah gejala kekurangan zat besi. Maka dari itu, sayuran berdaun hijau bisa menjadi makanan penambah stamina, karena mengandung zat besi yang tinggi. Sayuran berdaun hijau seperti bayam juga mengandung vitamin C, yang bisa membantu tubuh menyerap zat besi lebih baik.

Selain itu, zat besi bisa membantu produksi sel darah merah, sehingga penyebaran oksigen ke seluruh tubuh jadi lebih efisien. Jangan kaget kalau Anda tiba-tiba merasa berstamina!

13. Bit



Buah berwarna merah ini dapat dipercaya sebagai makanan penambah stamina. Bagaimana tidak, kandungan antioksidan dan nitrat buah ini memang dikenal bisa menambah energi karena mampu melancarkan aliran darah.

Saat aliran darah lancar, maka oksigen tersebar lebih baik. Hasilnya, tubuh akan merasa lebih bugar dan berstamina.

Tips untuk meningkatkan energi secara alami

Selain mengonsumsi makanan penambah stamina, Anda bisa melakukan beberapa tips untuk meningkatkan energi dan stamina secara alami. Ikuti beberapa tipsnya di bawah ini:

Mengontrol stres

Emosi yang mengundang rasa stres bisa “memakan” energi tubuh. Untuk menghindarinya, Anda bisa melakukan banyak aktivitas positif seperti yoga, berolahraga, hingga berkomunikasi dengan teman atau keluarga.

Berolahraga secara teratur

Mungkin Anda berpikir, olahraga hanya akan membuat tubuh lebih lelah. Padahal, berolahraga secara teratur bisa meningkatkan energi Anda.

Ditambah lagi, berolahraga bisa membantu tubuh memproduksi epinefrin dan norepinefrin, hormon stres yang jika muncul dalam jumlah sedang, bisa membuat Anda berenergi.

Jauhi rokok

Merokok adalah sumber dari banyak penyakit mematikan. Jika tubuh merasa cepat lelah, rokok juga bisa disalahkan. Merokok bisa menyedot energi tubuh karena menyebabkan insomnia (gangguan tidur).

Minum air putih

Kekurangan cairan dalam tubuh bisa membuat tubuh Anda cepat lelah. Minum air putih adalah tips untuk meningkatkan energi secara alami, yang bisa Anda buktikan sendiri.

Beberapa tips di atas bisa Anda coba untuk meningkatkan energi secara alami. Apalagi ditambah dengan makanan penambah stamina yang menyehatkan.

Catatan dari SehatQ:

Kemunculan rasa lelah dan lesu di tengah kesibukan Anda sangatlah normal. Akan tetapi, jika rasa itu tidak kunjung hilang walau sudah istirahat cukup, sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter. Bisa saja, kondisi itu disebabkan oleh penyakit tertentu.