4 Cara Cerdas Mengelola Stres Dengan Baik

#stres cara sehat

Zonaberbagi.com - ingin mendapatkan info menarik dari zonaberbagi.com, kami sudah merangkum dari semua jenis pembahasan mengenai media informasi gratis mulai dari zona rewards, zona kesehatan, zona pendidikan, zona tekno/Gadget, Materi Keperawatan, Info Sehat, Zona Berita terupdate, zona game ppsspp, zona game android
Empat Cara Cerdas Untuk Mengelola Stres
Stres sepertinya sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia, terutama masyarakat di wilayah perkotaan, yang seringkali bekerja di bawah tekanan.

Stres juga bisa terjadi apabila Anda menerapkan standar hidup terlalu tinggi agar tampak sempurna. Lantas, bagaimana solusinya? Melansir She, ada empat cara cerdas untuk mengelola stres. Apa sajakah itu?

1. Menulis jurnal Apakah Anda terbiasa menulis buku harian semasa kecil? Nah, kebiasaan tersebut terbukti efektif sebagai sarana mencurahkan perasaan.

Anda bisa bebas mengekspresikan apa yang sedang dipikirkan dan dirasakan. Bahkan biasanya Anda bisa menggambarkan sebuah peristiwa dengan mendetail.
Membuat jurnal, sebagai bagian dari perjalanan kehidupan Anda, juga dapat menjadi cara cerdas dalam menghandle stres. Saat menulis, tanpa disadari Anda bisa memikirkan solusi yang tepat untuk masalah yang sedang dialami.

Anda bisa membuka lagi jurnal tersebut di kemudian hari, meresapinya, dan merasa bersemangat untuk tidak mengulangi permasalahan yang sama. Atau boleh saja jurnal tadi hanya bersifat sementara. Setelah mencoret-coret kertas dengan mencurahkan pikiran, boleh saja Anda langsung merobek, atau bahkan membakar kertas jurnal tersebut.

2. Meditasi Ini langkah yang sangat sederhana, tapi efektif. Meditasi sudah bisa dilakukan hanya dengan menutup mata dan merileksasikan pikiran, sambil mencoba bernapas dalam dan panjang untuk menenangkan diri.

Meditasi bisa dilakukan kapan dan di mana saja. Saat benar-benar fokus, Anda hanya butuh lebih kurang 30 menit untuk bisa move on dan tidak terpuruk oleh berita buruk yang mengagetkan. Coba buka Headspace atau Insight Timer untuk mendapat bimbingan meditasi dari para guru di seluruh dunia.

3. Memutuskan hubungan dari teknologi Cobalah mematikan ponsel selama 30 menit saat makan siang atau saat perjalanan pulang dari kantor. Nikmati setiap detik yang Anda jalani.
Resapi momen keberadaan tanpa harus terbebani deadline atau perasaan terintimidasi oleh kesuksesan orang lain yang terpampang jelas di media sosial.

Putuskanlah sejenak diri Anda dari hingar-bingar yang dihasilkan teknologi. Nikmati secangkir kopi hangat dengan penuh kesadaran. Dengarkan musik yang mengalun, dengarkan suara orang-orang di sekitar Anda.

4. Menyederhanakan rutinitas pagi Cicil kegiatan pagi hari sebelum Anda tidur. Jika ingin memasak makanan untuk sarapan esok hari, pastikan malam sebelumnya semua bahan telah siap.

Dengan mempersiapkan sehari sebelumnya, pagi hari dapat terkendali, sehingga Anda akan memiliki ‘kekuatan’ untuk menjalani sisa hari dengan sebaik mungkin