3 Metode Simpel . Untuk Mengatasi Sakit Kepala

zonaberbagi.com - sebagian besar sakit kepala yang terjadi tidak serius dan bisa diatasi dengan mudah, seperti dengan meminum obat pereda sakit, minum air putih yang cukup, dan lebih banyak istirahat.
Tetapi apakah dengan cara demikian saja? Perlu diketahui ada beberapa jenis sakit kepala yang memerlukan penanganan lebih karena berkelanjutan atau bahkan ada yang bisa membahayakan nyawa.
Adapun sakit kepala tidak memiliki jangka waktu tertentu, bisa berlangsung kurang dari satu jam atau bahkan selama beberapa hari dan bisa muncul secara tiba-tiba atau perlahan-lahan.
Dilansir alodokter.com penyebab sakit kepala bisa diakibatkan oleh berbagai hal, namun secara umum sakit kepala bisa dikelompokkan berdasarkan penyebabnya, yaitu sakit kepala yang tidak terkait dengan penyakit lain atau disebut dengan sakit kepala primer dan sakit kepala yang diakibatkan oleh penyakit lain atau disebut juga sakit kepala sekunder.
Nah, salah satu metode ini mungkin masih asing terdengar di telinga masyarakat, tetapi percaya tidak percaya metode basmi rasa sakit kepala ini terbilang ampuh loh.
Adapun metode yang kita lakukan di sini adalah memijat langsung otot-otot di bagian kepala dan leher.
Cara seperti ini akan melancarkan dan meningkatkan aliran darah di area yang bermasalah dan efek lainnya juga bisa meringankan stres.
Pijat dengan handuk adalah cara yang sangat efektif untuk merangsang sirkulasi darah di kepala dan leher sehingga dapat membantu meringankan rasa sakit yang diderita.
Selain itu, memijat kepala adalah prosedur yang sangat menyenangkan, Anda bisa merasakannya sendiri nanti.
Pertama, yang Anda perlukan adalah sebuah handuk yang tidak terlalu tebal. Jika anda sudah memiliki handuknya, sekarang gulung handuk tersebut (dengan memutarnya secara spiral) hingga cukup padat.
Kemudian letakkan di dahi anda dan tekan agak kuat.
Lakukan seperti prosedur memijat pada umumnya.
Sambil masih memegang handuk dalam posisi yang padat, pindahkan memijat di kepala, leher dan bahu anda.
Ulangi prosedur ini dengan berirama dan perlahan-lahan buka gulungan handuk agar pijatanya semakin maksimal.
Ulangi pijatan ini setidaknya selama 3 sampai dengan 5 menit.
Dalam waktu yang relatif singkat, anda akan merasakan rasa sakit mulai berkurang.
Jika pijatan ini tidak cukup memberi perubahan apapun ke arah yang lebih baik, berarti sakit kepala yang anda derita sudah tergolong parah.
Perlu diketahui metode tersebut alangkah lebih baiknya dikombinasikan dengan terapi tambahan, seperti minum secangkir teh daun mint.
Adapun teh mint memiliki efek yang sangat menenangkan pada pembuluh darah. Hal ini berarti juga akan berpengaruh terhadap rasa sakit kepala yang akan sembuh.
Selamat Mencoba ya.
Obat sakit gigi terampuh
Pernah merasakan sakit gigi?
Duh, tentunya ingin sekali rasa sakit itu cepat mereda dan hilang.
Tak peduli bagaimanapun caranya, termasuk minum obat sakit gigi tertentu yang biasanya atas anjuran dari teman, saudara atau mungkin pengalaman pribadi sebelumnya.
Namun, jika sudah minum obat sakit gigi yang biasanya tapi gigi masih tetap sakit lantas apa yang Anda lakukan?
Nah, dilansir tribuncirebon.com dari situs mediskus.com, sakit gigi itu bisa terjadi ketika bagian tengah gigi yang sensitif, disebut pulpa, menjadi meradang.
Peradangan pada pulpa ini dapat terjadi karena berbagai alasan, antara lain: gigi berlubang, benturan pada gigi, atau infeksi pada gusi.
Karena jaringan pulpa diantaranya terdiri dari serabut saraf dan pembuluh darah yang berada dalam ruangan berdinding keras dan rapat (dentin gigi), maka peradangan pada pulpa akan sangat menyakitkan karena tekanan tinggi dalam ruang pulpa.
Oleh karena itu butuh obat sakit gigi yang ampuh untuk meredakan nyeri dan peradangan yang terjadi.
Ketika gigi sakit, ngilu, atau ngenyut berikut langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk meredakannya:
Minum obat Sakit Gigi
Langkah pertama untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan sakit gigi yaitu minum obat sakit gigi dari golongan Analgetik Nonsteroidal anti-inflammatory drugs (NSAID) seperti aspirin dan ibuprofen yang dapat Anda beli bebas tanpa resep dokter, obat ini cukup efektif untuk sakit gigi ringan-sedang.
Untuk sakit gigi yang berat atau tidak mempan dengan obat-obat tadi, maka diperlukan Analgetik yang lebih kuat diantaranya naproxen sodium, metampiron (antalgin), asam mefenamat, Natrium Diklofenak (Cataflam), dsb.
Namun diantaranya perlu resep dokter.
Kompres Dingin
Disamping minum obat sakit gigi, sempatkan juga untuk meng-kompres dingin pada daerah pipi diluar gigi yang sesuai.
Bisa menggunakan es batu yang dilapisi kain atau plastik atau menggunakan handuk yang dicelupkan pada air es.
Suhu dingin akan membantu meringankan rasa sakit.
Jangan tempelkan es langsung ke gigi.
Karena hal ini akan membuat gigi semakin sakit, karena pulpa gigi yang meradang akan sangat sensitif terhadap suhu panas atau dingin secara langsung.
Menggunakan obat Oles (topikal)
Adapun obat sakit gigi juga ada yang berupa gel atau cairan yang dapat dioleskan langsung pada gigi yang sakit, lebih tepatnya pada bagian gigi yang berlubang.
Selain itu, obat ini mengandung benzokain yang berfungsi meredakan nyeri dengan cara mematikan saraf sementara (efek bius lokal atau mati rasa) sehingga dapat membantu meringankan rasa gigi ngilu dan nyenyut selama beberapa jam.