5 Makanan (Sayuran) Yang Tidak Boleh Di Panaskan, Berikut Alasannya

Sudah menjadi kebiasaan sebagian orang, ketika makanan yang disantap tidak habis lalu disimpan dan dipanaskan kembali keesokan harinya. Metode pemanasan ulang memang dapat diterapkan pada makanan tertentu. Namun tidak dengan 5 makanan ini. Jika dipanaskan kembali, nutrisi dan gizi di dalamnya bisa rusak dan justru berbahaya untuk tubuh.
Apa saja 5 makanan yang tidak boleh dipanaskan lagi?

1. Bayam

Sudah banyak yang tahu bahwa sayur bayam tidak boleh dipanaskan kembali. Dilansir dari Dokter.id, pemanasan terhadap bayam secara berulang-ulang dapat mengubah kandungan zat besi di dalamnya. Karena kandungan zat besi dalam bayam cukup besar, jika dipanaskan berulang, dapat meracuni tubuh. Tidak hanya itu, kandungan nitrat dalam bayam juga dapat menjadi berbahaya jika sayur bayam dipanaskan. Kandungan nitrat ini akan dikonveksi menjadi nitrit. Yang menjadi berbahaya, senyawa nitrit ini bersifat karsinogenik atau dapat menyebabkan kanker.
source: http://www.istockphoto.com

2. Kentang

Dilansir dari DetikHealth, kentang juga termasuk makanan yang tidak boleh dipanaskan kembali. Kentang mengandung banyak zat tepung dan karbohidrat di dalamnya, yang berfungsi sebagai cadangan tenaga untuk tubuh. Jika kentang dipanaskan berulang-ulang, ada kemungkinan bakteri di dalam kentang berkembang biak dan dapat meracuni tubuh. Apalagi, ketika kentang tidak dibersihkan dengan baik dan diolah dengan benar, kentang dapat mengandung kontaminan dan bakteri yang membahayakan tubuh.
source: https://pixabay.com/jameshills

3. Nasi

Apakah Moms sering memanaskan nasi sisa semalam? Kalau iya, sebaiknya memanaskan nasi yang dingin dihindari mulai saat ini. Yang menjadi berbahaya bukanlah pemanasannya, melainkan bagaimana cara menyimpan nasi sisa sebelumnya. Melansir HelloSehat, beras yang mentah dapat mengandung bakteri Bacillus cereus. Di mana bakteri ini dapat tetap hidup di nasi yang sudah matang.
Bila nasi yang sudah matang dibiarkan dingin pada suhu ruangan, bakteri Bacillus cereus ini dapat berkembang biak. Bakteri ini juga tahan bila terpapar suhu panas ketika nasi dipanaskan kembali. Bakteri inilah yang berbahaya bagi tubuh, karena dapat menyebabkan keracunan makanan seperti muntah hingga diare.
source: https://pixabay.com/lemon168

4. Telur

Memasak telur adalah salah satu olahan makanan yang praktis dan cepat saji. Namun, sayangnya memanaskan telur berulang-ulang tidak disarankan. Telur mengandung banyak protein di dalamnya diikuti dengan kandungan vitamin dan mineral dalam jumlah sedikit. Protein tidak tahan panas, oleh sebab itu, telur tidak diperbolehkan untuk dipanaskan kembali. Karena protein dalam telur dapat pecah dan tidak bermanfaat lagi bagi tubuh. Bahkan, protein yang pecah ini dapat menyebabkan masalah pencernaan dalam tubuh.
source: https://pixabay.com/ponce_photography

5. Ayam

Masakan ayam tampaknya sering dipanaskan lagi dan lagi, bila masakan ini belum habis. Namun, ayam juga sebaiknya tidak dipanaskan berulang. Sama seperti telur, ayam mengandung protein yang tinggi di dalamnya. Ayam juga mengandung lemak dan nutrisi lain yang bagus untuk tubuh. Proses pemanasan berulang pada masakan ayam dapat membuat protein pecah karena terpapar suhu tinggi atau panas berkali-kali.
Tidak hanya itu, lemak dalam ayam dapat berubah menjadi lemak jahat akibat pemanasan. Lemak jahat ini dapat menyumbat peredaran darah dan menyebabkan kolesterol. Sedangkan protein yang pecah dapat mengganggu kinerja organ pencernaan.
source: https://pixabay.com/ritae
Nah, itu dia 5 makanan yang sebaiknya tidak dipanaskan kembali. Bila dirasa tidak habis, Moms bisa memasak atau mengolahnya dalam jumlah sedikit, lalu kembali memasaknya di hari berikutnya. Dengan begitu, makanan tetap fresh dan terhindar dari bahaya pemanasan makanan yang berulang.